Home » , , » Tips Perawatan Rem Mobil

Tips Perawatan Rem Mobil

Written By Fastabikul Khoirot on Selasa, 31 Desember 2013 | 00.23


 Tips Otomotif Bandung --> Rem merupakan salah satu komponen terpenting dalam kendaraan, karena rem memegang peranan yang sangat vital, khususnya dalam hal keselamatan.

Coba bayangkan, saat Anda mengendarai mobil, apalagi dengan kecepatan tinggi dan pada saat itu rem mobil Anda tidak berfungsi dengan baik, kemungkinan besar yang akan terjadi adalah kecelakaan lalu lintas karena Anda tidak dapat mengendalikan laju mobil.

Oleh karena itu, pengecekan rem wajib dilakukan secara rutin. Melakukan pemeriksaan rem idealnya memang di bengkel resmi, namun Anda juga bisa ikut andil dalam memeriksa kondisi rem, setidaknya Anda harus mampu mendeteksi berbagai kondisi tidak wajar pada rem mobil.


Salah satu ciri rem mobil tidak bekerja dengan baik adalah laju kendaraan Anda seperti tertahan atau terasa lambat, terlebih jika kendaraan Anda tipe manual, saat Anda melepas pedal gas dan menginjak pedal kopling, laju kendaraan malah semain melambat secara drastis (proses melambatnya tidak wajar). Hal ini merupakan indikasi bahwa terjadinya gesekan di rem mobil Anda.

Berikut ini tips merawat rem mobil:
  • Lakukan servis terhadap rem secara rutin, tujuannya untuk membersihkan kotoran antara kampas dengan cakram atau teromol. Kotoran muncul akibat gesekan antara kampas dan cakram tetap tinggal pada kedua komponen tersebut. 
  • Periksa kondisi dudukan kampas atau sepatu rem, sepatu rem sangat rentan terkena karat dan jika sudah terkena karat maka akan terjadi bunyi rem yang sangat mengganggu.
  • Lakukan pengurasan cairan rem setiap 20.000 km.
Untuk informasi lebih lanjut, berkonsultasilah kepada montir Anda dan mintalah saran atau tips lainnya untuk merawat rem mobil Anda.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Zona Otomotif Bandung - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template