Info penting nih buat yang suka dengan roda empat dengan performa mesin yang yahud. Kita mulai saja ocehannya oceey ?
Semua jenis kendaraan akan bermesin berjalan lancar / smooth but good, manakala penunjang / nyawanya mesin ini berjalan normal. Dan nyawanya ini tidak lain adalah karbu, sebab dia inilah yang mengatur proses terjadinya pembakaran bahan bakar menjadi energi gerak yang luar biasa.
Sekedar berbagi aja nich, ane share disini mengenai cara setting karbu sendiri, (tapi sekali-kali aja jangan keterusan, kasian enter bengkel karbu pada cemberut).
Ada 3 sekerup di karburator yang memegang peran penting membuat mesin bensin menjadi optimal. Berikut ini 6 cara menyetel karburator mobil.
1. Sekrup idle up dikendorkan tetapi AC dihidupkan. Penyetelan berhenti ketika sekrup itu tidak bisa lagi merendahkan RPM mesin.
2. Sekerup RPM mesin diturunkan RPM sampai sekitar 500, atau sampai tidak mati saja.
3. Sekarang mulaid engan menyetel sekrup idle (campuran udara dan bensin). Putar sekrup ini ke kiri sampai nyaris mati. Kemudian kembali ke kanan sampai nyaris mati juga. Setelah itu putar perlahan-lahan mencari RPM tertinggi. Saat itulah kita akan menemukan campuran bensin dan udara terbaik.
4. Setelah menemukan campuran terbaik, sekarang setelah sekrup RPM sampai 700, 800, atau 900 sesuai permintaan pembuat mesin.
5. Sekarang baru menyetelah sekrup idle up AC. Hidupkan AC, pasti RPM sudah berkurang, turun dari semula. Sekarang stel sekrup idle up sampai mencapai RPM, biasanya 900 atau 1000.
6. Coba AC dimatikan, apakah sekarang RPM idle ke RPM yang diinginkan
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !